Ini Tips Membedakan Sarang Burung Walet Asli Dengan yang Sintetis

Ini Tips Membedakan Sarang Burung Walet Asli Dengan yang Sintetis

Harga jual sarang burung walet memang sudah tidak semahal dulu, namun tetap saja masih cukup menggiurkan. Karena itu, tidak heran jika ada beberapa oknum yang mencoba memalsukan sarang burung walet.

Bagi anda yang masih awam dengan sarang burung walet tentu akan kesulitan membedakan mana sarang walet asli dan mana yang sintetis atau buatan.

Jika anda berencana membeli sarang burung walet untuk dimasak sebagai hidangan spesial, ada baiknya jangan membeli sarang burung walet secara sembarangan.

Sebelum membeli, lebih baik pelajari terlebih dahulu beberapa ciri sarang walet asli yang tidak akan dimiliki oleh sarang walet sintetis yang akan kami jabarkan di artikel ini.

4 Ciri Sarang Burung Walet Asli yang Tidak Akan Dimiliki Sarang Walet Sintetis

Meskipun tampilannya hampir mirip, namun sebenarnya sarang burung walet asli dan sintetis bisa dibedakan dengan sangat mudah.

Berikut ini adalah 4 ciri sarang burung walet asli yang tidak mungkin dimiliki oleh sarang walet sintetis:

  1. Bau amis seperti telur mentah

Sarang burung walet asli memiliki bau yang sangat khas seperti telur mentah. Baunya cukup amis.

Jadi jika sampai anda menemukan sarang walet yang tidak berbau, kemungkinan besar itu bukan sarang walet asli.

  1. Berwarna putih gading bukan putih bersih

Memang semakin bersih sarang burung walet akan semakin mahal harganya, karena itu, banyak sekali yang mencoba membuat sarang walet sintetis berwarna putih bersih.

Padahal, sarang burung walet asli yang benar-benar berkualitas itu tidak berwarna putih bersih. Warnanya justru putih gading.

  1. Mudah patah

Sebuah sarang burung walet grade AA tidaklah memiliki tekstur yang kuat. Sarang walet yang berkualitas justru sangat mudah patah dan sama sekali tidak lentur.

Hal ini dikarenakan tingkat kekeringan dari sarang walet grade AA sangat tinggi. Jadi jangan heran jika sarang walet grade AA jauh lebih mudah patah.

  1. Transparan ketika dicelupkan air

Selain tiga macam ciri tersebut, sarang burung walet grade AA asli juga tidak membuat air menjadi keruh ketika dicelupkan.

Sarang burung walet berkualitas justru akan berubah warna menjadi transparan ketika dicelupkan di dalam air. Airpun tetap bersih.

Jika anda melihat air berubah menjadi keruh setelah dicelupi sarang walet, kemungkinan besar sarang tersebut dibersihkan menggunakan bahan pemutih.

Sebenarnya ada satu lagi cara paling sederhana untuk menentukan mana sarang walet yang asli dan buatan. Anda hanya perlu melihat harga jual sarang burung walet tersebut, tidak ada sarang walet berkualitas yang dijual dengan harga murah.

This entry was posted in Artikel Seputar Sarang Burung Walet. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *