Jenis Sarang Burung Walet yang Beredar di Pasaran

Jenis Sarang Burung Walet yang Beredar di Pasaran

Sudah taukah anda bahwa sarang burung walet itu tidak hanya ada 1 jenis saja? Di pasaran, anda bisa menemukan setidaknya 3 macam jenis sarang burung walet.

Dari sekian banyak jenis sarang walet, memang hanya ada 4 macam jenis yang bisa dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, memang tidak disarankan untuk dikonsumsi.

Masing-masing jenis sarang walet tersebut juga mempengaruhi harga jualnya. Jadi jangan heran jika sampai anda menemukan harga jual sarang burung walet yang cukup terjangkau di pasaran.

Tidak semua sarang burung walet itu dijual dengan harga yang mahal. Hanya sarang walet yang benar-benar masuk kriteria sarang walet berkualitas saja yang dijual dengan harga selangit.

Biasanya sarang walet dengan grade AA tersebut juga sangat jarang dijual di pasaran Indonesia. Mayoritas sarang walet dengan grade AA tersebut di ekspor ke negara Tiongkok.

Mau tau lebih lengkap mengenai apa saja jenis-jenis sarang burung walet tersebut? Baca pembahasan lebih lanjut di artikel ini.

3 Jenis Sarang Burung Walet

Jika diperhatikan di pasaran, hanya ada 3 macam jenis sarang walet yang seringkali diperjual belikan.

Masing-masing jenis sarang burung walet memiliki harga yang berbeda-beda. Berikut ini adalah 3 jenis sarang burung walet tersebut:

  1. Sarang burung walet berwarna putih

Jenis sarang burung walet yang pertama adalah yang berwarna putih. Sarang ini dibuat oleh burung walet jenis Aerodramus fuciphagus.

Warna sarang walet ini putih bersih. Mayoritas bagian sarang benar-benar terbuat dari air liur burung walet.

Jenis sarang burung inilah yang disebut dengan sarang burung walet grade AA. Biasanya jenis sarang walet ini menjadi komoditi ekspor ke negara seperti Tiongkok.

  1. Sarang burung walet berwarna hitam

Sarang walet kedua yang bisa anda temui di pasaran adalah yang berwarna hitam. Sarang burung walet ini dibuat oleh burung jenis Aerodramus maximus.

Secara kualitas, sarang berwarna hitam ini jauh lebih rendah dari sarang berwarna putih, terutama dari segi kebersihannya.

  1. Sarang burung walet berwarna lumut

Sarang burung walet yang paling banyak ditemui di pasaran Indonesia adalah sarang burung walet berwarna lumut. Sarang ini dibuat oleh burung jenis Aerodramus vanicorensis.

Dari ketiga macam jenis sarang walet, memang sarang inilah yang harganya paling murah dan biasanya dikonsumsi dalam skala lokal.

Sekarang sudah tau bukan bahwa tidak semua sarang burung walet itu mahal harganya? Jadi, anda tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk mencicipi nikmatnya makanan yang terbuat dari sarang burung walet bukan?

This entry was posted in Artikel Seputar Sarang Burung Walet. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *