Kriteria yang Menentukan Grade Sarang Burung Walet

Kriteria yang Menentukan Grade Sarang Burung Walet

Jika anda sudah pernah membeli sarang burung walet, tentu anda sudah mengetahui bahwa sarang walet asli masih dibagi menjadi beberapa macam grade lagi.

Ada sarang burung walet yang jauh lebih mahal, namun ada juga sarang yang harganya sangat murah padahal sarang tersebut benar-benar sarang asli.

Masalah harga jual sarang burung walet tersebut memang ada kriterianya. Jika sarang burung sesuai dengan kriteria yang diinginkan, maka secara otomatis akan dikategorikan sebagai sarang burung walet grade AA yang harganya paling mahal.

Mau tau kriteria apa saja yang digunakan untuk menentukan harga jual sarang burung walet asli di pasaran? Baca penjelasan lengkapnya di artikel ini ya.

3 Kriteria yang Menentukan Mahal Murahnya Harga Jual Sarang Burung Walet

Jika mau diperhatikan, sebenarnya ada 3 macam kriteria yang seringkali digunakan sebagai tolok ukur harga jual sarang burung walet di pasaran.

Berikut adalah 3 macam kriteria tersebut:

  1. Bentuk dari sarang burung walet

Harga dari sarang burung walet ditentukan dari bentuknya. Jika bentuk sarangnya sempurna seperti mangkok, maka sarang burung tersebut dikategorikan sebagai grade AA.

Namun demikian, sarang tersebut masih disortir kembali menggunakan kriteria berikutnya.

  1. Kekuatan sarang burung walet

Kriteria kedua yang menentukan mahal murahnya harga jual sarang burung walet di pasaran adalah kekuatan dari sarang itu sendiri.

Jika lokasi produksi sarang terlalu lembab, maka kekuatan sarang biasanya cukup lemah. Sarang seperti ini tidak masuk dalam kategori grade AA.

Sarang burung walet yang masuk kedalam kategori grade AA adalah sarang yang tidak mudah patah. Kadar air di dalam sarang grade AA biasanya hanya 20% dan paling banyak 30% saja.

  1. Warna sarang burung walet

Setelah disortir dari kekuatannya, sarang burung walet berikutnya disorti dari warnanya.

Semakin putih warna sarang burung, maka akan semakin tinggi gradenya. Semakin gelap warnanya, maka sarang tersebut masuk kategori sarang murah.

Sudah tidak bingung lagi bukan mengapa harga jual sarang burung walet asli di pasar itu berbeda-beda?

This entry was posted in Artikel Seputar Sarang Burung Walet. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *